Saturday, November 1, 2014

Imam Munajat

 (1211503055)


ILMU SAINS MENURUT FILSAFAT ILMU


BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Filsafat dan ilmu adalah dua kata yang saling terkait, baik secara substansial maupun historis karena kelahiran ilmu tidak lepas dari peranan filsafat, sebaliknya perkembangan ilmu memperkuat keberadaan filsafat. Pada perkembangannya, ilmu terbagi dalam beberapa disiplin, yang membutuhkan pendekatan, sifat, objek, tujuan dan ukuran yang berbeda antara disiplin ilmu yang satu dengan yang lainnya. Pembahasan filsafat ilmu sangat penting karena akan mendorong manusia untuk lebih kreatif dan inovatif. Filsafat ilmu memberikan spirit bagi perkembangan dan kemajuan ilmu dan sekaligus nilai-nilai moral yang terkandung pada setiap ilmu baik pada tataran ontologis, epistemologis maupun aksiologi.       
Menyadari pentingnya peran dari filsafat ilmu dalam konteks pengetahuan sains maka jurnal ini menyebutkan beberapa hal tentang  bagaiaman proses fenomena tersebut terjadi, bagaimana hukum atau teori yang telah dikemukakan oleh para ilmuwan, dan apakah hakikat dari ilmu sains itu (ontologi, epistimologi dan aksiologi sains), bagaimana cara sains menyelesaikan masalah, dan apa sajakah manfaat sains dalam kehidupan manusia. Hal tersebut akan dibahas lebih luas dan mendalam dalam makalah ini.


B. Rumusan masalah
1. Apa itu ilmu sain ?
2. Apa hakekat ilmu sain ?
C. Tujuan masalah
1. Untuk mengetahui ap itu ilmu sain.
2. Untuk mengetahui hakekat ilmu sain

BAB II
PEMBAHASAN

A. Ontologi Sain
Pada ontology sain yang akan dibicarakan adalah hakikat dan struktur sain. Hakikat sain menjawab pertanyaan apa sain itu sebenarnya dan struktur sain menjelaskan tentang cabang-cabang sain.
1. Hakikat Pengetahuan Sain
Pengetahuan sain adalah pengetahuan rasional empiris. Mari kita bahas tentang masalah rasional dan masalah empiris. Pertama, masalah rasional. Untuk mempermudah pembahasan kita, mari sejenak kita lihat contoh dibawah ini.
Saya berjalan-jalan di beberapa kampung. Banyak hal yang menarik perhatian saya dikampung – kampung itu, satu diantaranya ialah orang –orang di kampung yang satu sehat-sehat, sedang di kampung yang lain banyak yang sakit. Secara pukul – rata penduduk kampong yang satu lebih sehat daripada penduduk kampong yang lain tadi. Ada apa ya? Demikian pertanyaan dalam hati saya.
Kebetulan saya mengetahui bahwa penduduk kampong yang satu itu memelihara ayam dan mereka memakan telurnya, sedangkan penduduk kampong yang lain tadi juga memelihara ayam tetapi tidak memakan telurnya, mereka menjual telurnya. Berdasarkan kenyataan itu saya menduga, kampong yang satu itu penduduknya sehat – sehat karena banyak memakan telur, sedangkan penduduk kampong yang lain itu banyak yang sakit karena tidak memakan telur. Berdasarkan ini saya menarik hipotesis semakin banyak makan telur akan semakin sehat, atau telur berpengaruh positif terhadap kesehatan.
Hipotesis harus berdasarkan rasio, dengan kata lain hipotesis harus rasional. Dalam hal hipotesis yang saya ajukan itu rasionalnya ialah: untuk sehat diperlukan gizi, telur banyak mengandung gizi, karena itu, logis bila semakin banyak makan telur akan semakin sehat.
Hipotesis saya itu belum di uji kebenarannya. Kebenarannya barulah dugaan. Tetapi hipotesis itu telah mencukupi dari segi kerasionalannya. Dengan kata lain, hipotesis saya itu rasional. Kata “rasional” disini menunjukan adanya hubungan pengaruh atau hubungan sebab akibat.
Kedua, masalah empiris. Hipotesis saya itu saya uji (kebenarannya) mengikuti prosedur metode ilmiah. Untuk menguji hipotesis itu saya gunakan metode eksperimen dengan cara mengambil satu atau dua kampong yang di suruh makan telur secara teratur selama setahun sebagai kelompok eksperimen, dan mengambil satu atau dua kampong yang lain yang tidak boleh makan telur, juga selama setahun itu, sebagai kelompok control. Pada akhir tahun, kesehatan kedua kelompok itu saya amati. Hasilnya, kampong yang makan telur rata – rata lebih sehat.
Sekarang, hipotesis saya semakin banyak makan telur akan semakin sehat atau telur berpengaruh positive terhadap kesehatan terbukti. Setelah terbukti –sebainya berkali-kali- maka hipotesis saya tadi berubah menjadi teori. Teori saya bahwa “semakin banyak makan telur akan semakin sehat” atau “telur berpengaruh positif terhadap kesehatan,”adalah teori yang rasional-empiris. Teori seperti inilah yang disebutt teori ilmiah (scientific theory). Beginilah teori dalam sain. Rumus baku metode ilmiah adalah: logico-hypothetico-verificatif (buktikan bahwa itu logis, tarik hipotesis, ajukan bukti empiris).
Pada dasarnya cara kerja sain adalah kerja mencari hubungan sebab – akibat atau mencari pengaruh sesuatu terhadap yang lain. Asumsi dasar sain adalah tidak ada kejadian tanpa sebab. Asumsi ini oleh oleh Fred N. Kerlinger ( Foundation of Behavior Research, 1973: 378) dirumuskan dalam ungkapan post hoc, ergo propter hoc (ini tentu disebabkan oleh ini). Asumsi ini benar bila sebab akibat itu memiliki hubungan rasional.
Ilmu atau sain berisi teori. Teori itu pada dasarnya menerangkan hubungan sebab akibat. Sain tidak memberikan nilai baik atau buruk, halal atau haram, sopan atau tidak sopan, indah atau tidak indah; sain hanya memberikan nilai benar atau salah. Kenyataan inilah yang menyebabkan ada orang menyangka bahwa sain itu netral. Dalam konteks seperti itu memang ya, tetapi dalam konteks lain belum tentu ya. 
2. Struktur Sain
Secara garis besar, sain dibagi menjadi tiga, yaitu sain kealaman, sain social dan humaniora. Seperti contoh dibawah ini:
a. Sain Kealaman
· Astronomi;
· Fisika: mekanika, bunyi, cahaya, dan optic, fisika nuklir;
· Kimia: kimia organic, kimia teknik;
· Ilmu bumi: paleontology, ekologi, geofisika, geokimia, mineralogy, geografi;
· Ilmu hayat: biofisika, botani, zoology;
b. Sain Sosial
Sosiologi: sosiologi komunikasi, sosiologi politik, sosiologi pendidikan;
Antropologi: antropologi budaya, antropologi ekonomi, antropologi politik;
Psikologi: psikologi pendidikan, psikologi anak, psikologi abnormal;
Ekonomi: ekonomi makro, ekonomi lingkungan, ekonomi pedesaan;
Politik: politik dalam negeri, politik hokum, politik internasional;
c. Humaniora
Seni: seni abstrak, seni grafika, seni pahat, seni tari;
Hukum: hukum pidana, hokum tata usaha Negara, hokum adat (mungkin dapat dimasukan ke sain social);
Filsafat: logika, ethika, estetika;
Bahasa: sastra;
Agama: islam, Kristen, confusius;
Sejarah: sejarah Indonesia, sejarah dunia;

B. Epistimologi Sain
Pada bagian ini diuraikan objek pengetahuan sain, cara memperoleh pengetahuan sain dan cara mengukur benar tidaknya pengetahuan sain.
1. Objek Pengetahuan Sain
Objek pengetahuan sain ialah semua objek yang empiris. Jujun S. Suriasumantri ( Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer, 1994: 105) menyatakan bahwa objek kajian sain hanyalah objek yang berada dalam ruang lingkup pengalaman manusia. Yang dimaksud pengalam disini adalah pengalaman indera. 
Objek kajian sain harus objek objek yang empiris sebab bukti yang harus ia temukan adalah bukti empiris. Bukti empiris ini diperlukan untuk menguji bukti rasional yang telah dirumuskan dalam hipotesis.
Banyak sekali objek yang dapat diteliti oleh sain. Diantaranya, alam, tumbuhan, hewan, dan manusia, serta kejadian – kejadian disekitar alam. Dari penelitian itulah muncul teori – teori sain. Teori- teori itu berkelompok atau dikelompokan dalam masing-masing cabang sain. Teori- teori yang telah berkelompok itulah yang disebut struktur sain. 
2. Cara Memperoleh Pengetahuan Sain.
Perkembangan sain didorong oleh paham Humanisme. Humanisme adalah paham filsafat yang mengerjakan bahwa manusia dapat mengatur dirinya dari alam. Humanism telah muncul pada zaman yunani lama (Yunani kuno).
Sejak zaman dahulu, manusia telah menginginkan adanya aturan untuk mengatur manusia. Tujuannya, ialah agar manusia itu hidup teratur.manusia juga perlu aturan untuk mengatur alam. Pengalaman manusia menunjukan bila alam tidak diatur maka alam itu akan menyulitkan kehidupan manusia. Sementara itu manusia tidak mau dipersulit oleh alam. Karena itu harus ada aturan untuk mengatur alam. Humanism mengatakan bahwa manusia mampu mengatur dirinya ( manusia) dan alam. Jadi, manusia itulah yang harus membuat aturan untuk mengatur manusia dan alam.
Mitos tidak mencukupi untuk dijadikan sumber membuat aturan untuk mengatur manusia dan alam. Apabila aturan itu dibuat berdasarkan agama maka akan banyak orang yang akan menolaknya karena masing-masing agama menyatakan dirinya benar, yang lain salah. Menurut  mereka aturan itu  harus dibuat berdasrkan dan bersumber pada sesuatu yang ada pada manusia. Alat itu ialah akal. Menagapa  akal ?  Pertama, karena akal dianggap mampu, kedua karena akal pada setiap orang bekerja berdasarkan aturan yang sama. Aturan itu ialah logika alami yang ada pada akal setiap manusia. Akal itulah alat dan sumber yang paling dapat disepakati. Maka Humaisme melahirkan Rasionalisme. 
Rasionalisme ialah paham yang mengataikan bahwa akal itulah alat pencari dan pengukur pengetahuan. Pengetahuan di cari dengan akal, temuannya di ukur dengan akal pula. Dicari dengan akala ialah di cari dengan berfikir logis. Diukur dengan akal artinya diuji apakah temuan itu logis atau tidak. Ini berarti bahwa keberan itu bersumber pada akal. 
Berfikir logis tidak menjamin diperolehnya kebenaran yang disepakati. Padahal, aturan itu disepakati. Maka diperlukan alat lain yaitu Emprirsme.
Emprisme ialah paham filasafat yang mengajarkan bahwa yang benar ialah yang logis dan ada bukti empiris emprisme masih memiliki kekurangan yaitu karena ia belum terukur maka ia hanya sampai pada konsep-konsep yang umum. Konsep ini belum oprasional, karena belum terukur. Jadi masih diperlukan alat lain yaitu postivisme.
Postivisme mengajarkan bahwa kebenaran ialah yang logis, ada bukti emprisnya, yang terukur. Postivisme sudah dapat disetujui untuk memulai upaya membuat aturan untuk mengatur manusia dan alam. Kata postivisme, ajukan logikanya, ajukan bukti empirisnya yang terukur. Tetapi bagaimana caranya? Kita masih memerlukan alat lain yaitu metode ilmiah.metode ilmiah mengatakan, untuk memperoleh pengetahuan yang benar lakukan langkah berikut : logico-hypothetico-vericatif. Maksudnya, mula-mula buktikan bahwa itu logis, kemuadian ajukan hipotesis kamudian buktikan hipotesis secara empiris. Metode ilmiah secara teknis dan rici dijelakskan pada satu bidang ilmu yaitu metode riset. Metode risat menghasilkan metode penelitian. 



Humanisme
Rasionalisme
Empirisme 
Postivisme 
Metode ilmiah
Metode riset
Mode-mode penelitian
Aturan untuk  Aturan untuk 
Mengatur manusia Mengatur alam



3. Ukuran Kebenaran Pengetahuan Sain.
Jika hipotesis terbukti, maka ada saatnya dia menjadi teori. Jika sesuatu teori selalu benar, yaitu jika teori itu selalu didukung bukti empiris, maka teori itu naik tingkat keberadaannya menjadi hokum atau aksioma. Hipotesis ( sain ) ialah pernyataan benar secara logika tetpi belum ada bukti emprisnya. Belum atau tidak ada bukti empiris bukanlah merupakan bukti bahawa hipotesis itu salah. Hipotesis benar, bila logis, titik kelogisan suatu hipotesisi lebih penting ketimbang buku empirisnya.









DAFTAR PUSTAKA

Tafsir, Ahmad. 2009. Filsafat Ilmu. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Aldous Huxley. 1945. The perennial Philosophy, New York: Harper and Row.
Mulder.1966. Pembimbing Ke Dalam Ilmu Filsafat, Jakarta: Badan Penerbit Kristen.






No comments:

Post a Comment