Monday, November 3, 2014

Ella Nurulillah

Mengurai Ontologi, dan Epistemologi


BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Sebelum kita mengupas filsafat ilmu lebih dalam lagi, ada baiknya kita pahami dahulu tentang apa itu filsafat, ilmu, dan pengetahuan. Berikut penjelasannya;
Filsafat berasal dari bahasa Yunani, philosophia atau philosophos. Philos atau philein berarti teman atau cinta, dan shopia shopos kebijaksanaan, pengetahuan, dan hikmah atau berarti. Filsafat berarti juga Master Scientiarum yang artinya induk dari segala ilmu pengetahuan. Kata filsafat dalam bahasa Indonesia memiliki padanan kata falsafah (Arab),philosophie (Prancis, Belanda dan Jerman), serta philosophy (Inggris). Dengan demikian filsafat berarti mencintai hal-hal yang bersifat bijaksana (menjadi kata sifat) bisa berarti teman kebijaksanaan (kata benda) atau induk dari segala ilmu pengetahuan.
Setiap manusia yang berakal sehat pasti memiliki pengetahuan, baik berupa fakta, konsep, prinsip, maupun prosedur tentang suatu objek. Pengetahuan dapat dimiliki berkat adanya pengalaman atau melalui interaksi antar manusia dan lingkungannya. Salah satu wujud pengetahuan yang dimiliki manusia adalah pengetahuan ilmiah yang lazim dikatakan sebagai “ilmu”. Ilmu adalah bagian pengetahuan, namun tidak semua pengetahuan dapat dikatakan ilmu.
Ilmu berasal dari bahasa Arab: ‘alima, ya’lamu,‘ilman yang berarti mengetahui, memahami dan mengerti benar-benar. Dalam bahasa Inggris disebut Science, dari bahasa Latin yang berasal dari kata Scientia (pengetahuan) atau Scire (mengetahui).
Sedangkan dalam bahasa Yunani adalah Episteme (pengetahuan).
Dalam kamus Bahasa Indonesia, ilmu adalah pengetahuan tentang suatu bidang yang  tersusun secara bersistem menurut metode-metode tertentu yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala-gejala tertentu dibidang itu (Kamus  Bahasa Indonesia, 1998).
Ilmu adalah pengetahuan yang mencoba menafsirkan alam ini sebagaimana adanya. Ilmu juga merupakan hasil karya perseorangan yang di komunikasikan dan di kaji secara terbuka oleh masyarakat. Sekiranya hasil karya itu memenuhi syarat-syarat keilmuan maka dia terima sebagai bagian dari kumpulan ilmu pengetahuan dan digunakan oleh masyarakat tersebut. Atau dengan perkataan lain, penciptaan ilmu bersipat individual namun komunikasi dan penggunaan ilmu adalah bersifat sosial. Peranan individu inilah yang menonjol dalam kemajuan ilmu dimana penemuan seorang seperti Newton dan Edison dapat mengubah peradaban. Kreativitas individu yang di dukung oleh sistem komunikasi sosial yang bersifat terbuka menjadi proses pengembangan ilmu yang berjalan sangat efektif.
Dalam Encyclopedia of Philosophy, pengetahuan didefinisikan sebagai kepercayaan yang benar (knowledge is justified true belief). Menurut Sidi Gazalba, pengetahuan adalah apa yang diketahui atau hasil pekerjaan mengetahui. Mengetahui itu hasil kenal, sadar, insaf, mengerti, benar dan pandai. Pengetahuan itu harus benar, kalau tidak benar maka bukan pengetahuan tetapi kekeliruan atau kontradiksi. Pengetahuan merupakan hasil suatu proses atau pengalaman yang sadar. Pengetahuan (knowledge) merupakan terminology generic yang mencakup seluruh hal yang diketahui manusia. Dengan demikian pengetahuan adalah kemampuan manusia seperti perasaan, pikiran, pengalaman, pengamatan, dan intuisi yang mampu menangkap alam dan kehidupannya serta mengabstraksikannya untuk mencapai suatu tujuan.

B. RUMUSAN MASALAH
a. Apa itu Ontologi dan aliran-aliran yang didalamnya?
b. Apa itu Epistemologi?

C. TUJUAN
Makalah ini dibuat untuk mengetahui apa itu Ontologi dan Epistemologi.

D. MANFAAT
Manfaat dari penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :
a. Mengetahui apa itu Ontologi dan apa itu Epistemologi.
b. Sebagai bahan bacaan yang berkaitan dengan Onologi dan Epistemologi.

BAB II
PEMBAHASAN

A. ONTOLOGI

Ontologi, dalam bahasa Inggris “ontology”, berakar dari bahasa Yunani “on” berarti ada, dan “ontos” berarti keberadaan. Sedangkan “logos” berarti pemikiran. Jadi, ontologi adalah pemikiran mengenai yang ada dan keberadaannya. Ontology membahas apa yang ingin kita ketahui, seberapa jauh kita ingin tahu, atau dengan perkataan lain, suatu pengkajian mengenai teori tentang “ada”.
Dalam persoalan ontologi orang menghadapi persoalan  bagaimanakah kita menerangkan hakikat dari segala yang ada ini, pertama kali orang dihadapkan pada adanya dua macam kenyataan. Yang pertama, kenyataan yang berupa materi (kebenaran) yang kedua, kenyataan yang berupa rohani (kejiwaan).
Pembicaraan tentang hakikat sangatla luas sekali, yaitu segala yang ada dan mungkin ada. Hakikat adalah realitas; realita adalah ke-real­-an, Riil artnya kenyataan yang sebenarnya. Jadi kahikat adalah kenyataan sebenarnya sesuatu, bukan kenyataan sementara atau keadaan yang menipu, juga bukan kenyataan yang berubah.

a) Objek ontologi

1) Objek materi
Secara antologis, artinya metafisis umum, objek materi yang dipelajari dalam plural ilmu pengetahuan, bersifat monistik pada tingkat yang paling abstrak. Seluruh objek materi pluralitas ilmu pengetahuan, seperti manusia, binatang, tumbuh-tumbuhan dan zat kebendaan berada pada tingkat abstrak tertinggi, yaitu dalam kesatuan dan kesamaannya sebagai makhluk. Kenyataan itu mendasari dan menentukan kesatuan pluralitas ilmu pengetahuan. Dengan kata lain, prulalitas ilmu pengetahuan berhakikat satu, yaitu dalam kesatuan objek materinya.
2) Objek Forma
Objek forma ini sering dipahami sebagai sudut atau titik pandang, yang selanjutnya menenentukan ruang lingkup. Berdasarkan ruang lingkup studi inilah selanjutnya ilmu pengetahuan berkembang menjadi prular, berbeda-beda dan cenderung saling terpisah antara satu dengan yang lain.

b) Aliran-aliran
Di dalam pemahaman ontologi dapat diketemukan pandangan-pandangan pokok pemikiran sebagai berikut:

1) Monoisme
Paham ini menganggap bahwa hakikat yang asal dari seluruh kenyataan itu hanyalah satu saja, tidak mungkin ada dua. Harusla satu hakikat saja sebagai sumber yang asal, baik yang asal berupa materi ataupun berupa rohani. Tidak mungkin ada hakikat masing-masing bebas dan berdiri sendiri. Haruslah salah satunya merupakan sumber yang pokok dan dominan menentukan perkembangan yang lainnya.

2) Dualisme
Setelah kita memahami bahwa hakikat itu satu (monisme) baik materi ataupun ruhani, ada juga pandangan yang mengatakan bahwa hakikat itu ada dua aliran ini disebut dualisme. Aliran ini berpendapat bahwa benda terdiri dari dua macam hakikat sebagai asal sumbernya, yaitu hakikat materi dan hakikat ruhani, benda dan ruh, jasad dan spirit. Materi bukan muncul dari ruh, dan ruh bukan muncul dari benda. Sama-sama hakikat. Kedua macam hakikat itu masing-masing bebas dan berdiri sendiri, sama-sama azali dan abadi. Ubungan keduanya menciptakan kehidupan dalam ala mini. Contoh yang paling jelas tentang adanya kerja sama kedua hakikat ini ialah dalam diri manusia.

3) Pluralisme
Paham ini berpandangan bahwa segenap macam bentuk merupakan kenyataan.  Pluralisme bertolak dari keseluruhan dan mengakui bahwa segenap macam bentuk itu semuanya nyata. Pluralisme ddalam Dictionary of Philosophy and Religion dikatakan sebagai paham yang menyatakan bahwa kenyataan alam ini  tersusun dari banyak unsure, lebih dari satu atau dua entitas.

B. EPISTEMOLOGI
Pada bagian ini di uraikan objek pengetahuan sain, cara memperoleh pengetahuan sain dan cara mengukur benar-tidaknya pengetahuan sain. Objek pengetahuan sain ialah semua objek yg empiris. Objek kajian sain hanyalah objek yg berada dalam ruang lingkup pengalaman manusia. Yang dimaksud pengalaman disini ialah pengalaman indra.
Cara mendapatkan pengetahuan yang benar yaitu:

1) Jarum sejarah pengetahuan
Salah satu cabang pengetahuan itu yang berkembang menurut jalannya sendiri adalah ilmu yang berbeda dengan pengetahuan-pengetahuan lainnya terutama dalam segi metodenya. Metode keilmuan adalah jelas sangat berbeda dengan ngelmu yang merupakan paradigma dari Abad Pertengahan. Demikian juga ilmu dapat dibedakan dari apa yang di telaahnya serta untuk apa ilmu itu dipergunakan.

2) Pengetahuan
Pengetahuan merupakan khasanah kekayaan mental yang secara langsung atau tak langsung turut memperkaya kehidupan kita. Sukar untuk dibayangkan bagaimana kehidupan manusia seandainya pengetahuan itu  tak ada, sebab pengetahuan sumber jawaban bagi berbagai pertanyaan yang muncul dalam kehidupan.
Jadi pada hakikatnya kita mengharapkan jawaban yang benar,dan bukannya sekedar jawaban yang bersipat sembarang saja. Lalu timbullah masalah,bagaimana cara kita menyusun pengetahuan yang benar?????? Masalah ini yang dalam kajian filsafati tersebut epistemologi, dan landasan epistemologiilmu disebut metode ilmiah. Dengan kata lain, metode ilmiah adalah cara yang di lakukan ilmu dalam menyusun pengetahuan yang benar.

3) Metode ilmiah
Metode ilmiah merupakan prosedur dalam mendapatkan pengetahuan yang di sebut ilmu. Jadi ilmu merupakan pengetahuan yang didapatkan melalui metode ilmiah. Tidak semua pengetahuan di sebut ilmu sebab ilmu merupakan pengetahuan yang cara mendapatkannya harus memenuhi syarat-syarat tertentu. Syarat-syarat yang harus dipenuhi agar sesuatu pengetahuan di sebut ilmutercantum dengan apa yang dinamakan dengan metode ilmiah.
Seperti diketahui berpikir adalah kegiatan mental yang menghasilkan pengetahuan. Metode ilmiah merupakan ekspresimengenai cara bekerja pikiran.dengan cara bekerja ini maka pengetahuan yang di hasilkan diharapkan mempunyai karakteristik-karakteristik tertentu yang diminta oleh pengetahuan ilmiah, yaitu sifat rasionaldan teruji yang memungkinkan tubuh pengetahuan yang disusunnya merupakan pengetahuan yang dapat dihandalkan. Dalam hal ini maka metode ilmiah mencoba menggabungkan cara berpikir deduktif dan cara berpikir induktif dalam membangun tubuh pengetahuannya.
Berpikir deduktif memberikan sifat yang rasional kepada pengetahuan ilmiah dan bersifat konsisten dengan pengetahuan yang telah dikyumpulkan seberlumnya. Teori korespodensi menyebutkan bahwa suatu pernyataan  dapat dianggap benar sekiranya materi yang terkandung dalam pernyataan itu bersesuaian (berkospondensi ) dengan obyek paktual yang di tuju oleh pernyataan tersebut.
Hipotesis merupakan dugaan atau jawaban sementara terhadap permasalahan yang sedang kita hadapi dalam melakukan penelitian mendapatkan jawaban yang benar maka seorang ilmuwan seakan-akan melakukan sesuatu dalam “interogasi terhadap alam”. Hipotesis dalam hubungan ini berfungsi sebagai penunjuk jalan yang memungkinkan kita untuk mendapatkan jawaban, karena alam itu sendiri membisu dan tidak responsif terhadap pertanyaan-pertanyaan. Harus kita sadari bahwa hipotesis itu sendiri merupakan yang bersifat sementara yang membantu kita dalam melakukan penyelidikan.

4) Struktur pengetahuan ilmiah
Pengetahuan yang diproses menurut metode ilmiah merupakan pengetahuan yang memenuhi syarat-syarat keilmuan, dan dengan demikian dapat di sebut pengetahuan ilmiah atau ilmu.sepeti tampak dalm pembahasan terdahulu, pengetahuan ilmiah ini diproses lewat serangkaian langkah-langkah tertentu yang dilakukan dengan penuh kedisiplinan, dan dari karakteristik inilah maka ilmu sering di konotasikan sebagai disiplin.
Secara garis besar terdapat empat jenis pola penjelasan yakni deduktif,  probabilistik, fungsional atau teleologis dan genetik. Penjelasan deduktif  mempergunakan cara berpikir deduktif dalam menjelaskan suatu gejala dengan menarik kesimpulan secara logis dari premis-premis yang telah ditetapkan sebelumnya. Penjelasan probabilistik merupakan penjelasan yang di tarik secara induktifdari jumlah kasus yang dengan demikian tidak memberikan kepastian seperti penjelasan deduktif melainkan penjelasan yang bersifat peluang seperti “kemungkinan”, “kemungkinan besar” atau “hampir dapat dipastikan”. Penjelasan fungsionalatau teleologis merupakn penjelasan yang meletakkan sebuah unsur dalam kaitannya dengan sistem secara keseluruhan yang mwmpunyai karakteristik atau arah perkembangan tertentu. Penjelasan genetik mempergunakan faktor-faktor yang timbul sebelumnya dalam menjelaskan gejala yang muncul kemudian.
BAB III
PENUTUP

A. KESIMPULAN

Ontologi adalah ilmu tentang yang ada. Menurut istilah, Ontologi adalah ilmu yang membahas tentang hakikat yang ada, yang merupakan ultimate reality baik yang berbentuk jasmani/konkret maupun rohani/abstrak.
Objek anologi terbagi menjadi dua yaitu pertama objek materi dan kedua objek forma. Pandangan-pandangan ontologi yaitu monoisme (hakikat tidak mungkin ada dua), dualisme (hakikat itu ada dua), pluralisme (hakikat tidak hanya satu atau dua melainkan banyak).
Epistemologi membahas cara memperoleh pengetahuan sain, yaitu:
a. Jarum sejarah pengetahuan.
b. Pengetahuan.
c. Metode Ilmiah
d. Struktur Pengetahuan Ilmiah.

B. KRITIK DAN SARAN
Penulis menyadari masih banyak adanya kekeliruan dalam merangkum makalah ini, oleh karena itu, penulis akan sangat berterima kasih apabila para pembaca mau memberi saran. Tentunya saran yang membangun dan menjadikan makalah ini semakin baik. 


REFERENSI

Suriasumantri, Jujun S. (2005) Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Surya Multi Grafika. 
Noor, J. (2013) Metodelogi Penelitian, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Tafsir, Prof. Dr. Ahmad (2004) Filsafat Ilmu, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

No comments:

Post a Comment